Kamis, 13 Juni 2013

Cara Bikin class diagram

Membuat Class Diagram pada StarUML


saya akan membuat sebuah diagram yang menggunakan program apilkasi Star UML. Diagram yang saya buat ini merupakan diagram yang akan menjelaskan perhitungan gaji pada sebuah perusahaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Star UML, kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini. Pilih Empty Project, klik OK.

Setelah itu, klik kanan pada Untitled yang berada di sebelah kanan window. Pilih Add Model, maka akan muncul model. Kemudian klik kanan pada Model, pilih Add Diagram lalu klik Class Diagram.

  

Maka akan muncul jendela seperti ini.

Jika sudah selesai, maka kita dapat memulai untuk merancang diagramnya. Untuk memulai membuat sebuah class diagram, kita harus mengetahui persoalan apa yang sedang dihadapi untuk merancang tabelnya.  Langkah pertama adalah membuat sebuah class. Yaitu dengan mengklik Class yang berada pada toolbox di sebelah kiri layar.

Kemudian ketikkan nama class tersebut, misalnya Pegawai.
Buat juga class – class yang lainnya. Yaitu Departemen, Pelanggan, Transaksi, Produk, Makanan, Minuman, Perlengkapan Mandi.



Kemudian berikan atribut – atribut pada class dengan cara mengklik kanan class, lalu pilih Add, Attribute. Seperti gambar dibawah ini :

Untuk class pegawai, memiliki atribut Nama, Alamat, Jabatan, NIP. Class Departemen mempunyai atribut Nama Departemen dan Alamat. Class Pelanggan memiliki atribut Nama Pelanggan, Jenis Transaksi, dan  ID Pelanggan. Untuk class Transaksi memiliki atribut No.Tansaksi, Jumlah Transaksi, dan Tgl Transaksi. Class Produk memiliki atribut Nama Produk, Harga Produk, dan Stok. Class Makanan memiliki atribut Nama Makanan, Tanggal Produksi, Tanggal Kadaluarsa, Harga dan Stok. Untuk class Minuman memiliki atribut Nama Minuman, Tgl Produksi, Tgl Kadaluarsa, Harga dan Stok. Dan yang terakhir adalah class Perlengkapan mandi, class ini memiliki atribut Tgl Produksi, Harga, dan Stok. Lihat gambar dibawah ini :

Selanjutnya adalah membuat relasi dari class – class tersebut. Ada beberapa macam relasi, yaitu,
1.      Association : Sebuah asosiasi merupakan sebuah relationship paling umum antara 2 class dan dilambangkan oleh sebuah garis yang menghubungkan antara 2 class. Garis ini bisa melambangkan tipe-tipe relationship  dan juga dapat menampilkan hukum-hukum multiplisitas pada sebuah relationship.(Contoh:  One-to-one, one-to-many,many-to-many).

2.      Composition: Jika sebuah class tidak bisa berdiri sendiri dan harus merupakan bagian dari class yang lain, maka class tersebut memiliki relasi Composition terhadap class tempat dia bergantung tersebut. Sebuah relationship composition  digambarkan sebagai garis dengan ujung berbentuk jajaran genjang berisi/solid.

3.      Dependency : Kadangkala sebuah class menggunakan class yang lain. Hal ini disebut dependency. Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu class yang menggunakan class yang lain. Sebuah dependency dilambangkan sebagai sebuah panah bertitik-titik.

4.      Aggregation : Aggregation mengindikasikan keseluruhan bagian relationship dan biasanya disebut sebagai relasi.


Untuk class Pegai dan Departemen terdapat relasi Agregation, karena antara Pegawai dan Departemen saling berketergantungan dan mereka dapat berdiri sendiri. Class Departemen dan Produk diberikan relasi Composition karena class – class ini saling berketergantungan dan tidak dapat berdiri sendiri, jika tidak ada Departemen, maka tidak akan ada Produk. Kemudian untuk class Pelanggan dan Transaksi, terdapat relasi asosiation, yaitu dimana class Pelanggan tidak langsung berhubungan dengan Class transaksi, dan mereka tidak saling berketergantungan. Sedangkan pada class Produk dan Makanan, Minuman, Perlengkapan mandi terdapat relasi Generalization. Karena Makanan, Minuman, dan Perlengkapan mandi merupakan bagian dari produk yang lebih spesifik atau bisa disebut juga kata khusus dari Produk.
            Jika sudah, berikan sebuah text yang berisi simbol dari relasi tersebut, yaitu one to one, one to many, many to one, atau many to many.



OUTPUT

9 komentar:

  1. Keren blog nya, membantu tugas OOP kelas 12 hehe.

    BalasHapus
  2. private tidak bisa di akses oleh class lain
    public bisa di akses oleh siapa saja
    maksud dari contoh kedua itu apa???
    tolong bantuan nya gan

    BalasHapus
  3. Saya kurang mengerti dengan cara yang dipaparkan..karena gambarnya kurang jelas

    BalasHapus
  4. Terimakasih Atas Artikelnya, ini sangat membantu,cuma ada beberapa gambar yang kurang jelas sehingga susah untuk dipahami.oh yah, Nama saya TERESA VELMA, saya adalah mahasiswa ISB Atma Luhur. Website kampus kami �� https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  5. artikel yang sangat bermanfaat kak, perkenalkan saya septian aditia kurniawan
    sukses selalu dan terus berkarya yaa kak. jangan lupa mampir di website kampus kami yaa kakak https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  6. Thanks kak informasi nya dengan ini saya tau cara Membuat Class Diagram pada StarUML.Perkenalkan kak nama saya Monalisa Nim : 1822500038 dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus